Alat Musik Tradisional Gamelan

Pasti semuanya udah dengerkan yang namanya Gamelan? Gamelan adalah ensembel musik yang terdiri dari bonang, gong, gendang, saron, dan lain lain. Gue sendiri gak tau lagi apa nama nama alat musiknya. Yang pentingkan tau cara mainnya, haha. Gamelan banyak ditampilkan di pulau Jawa, Bali, dan sekitarnya.

Akhir akhir ini, gue ikutan grup Gamelan Indonesia di Darwin, Australia. Baru bulan Juli ikut, dan langsung ditempatkan di posisi yang memimpin, yaitu Bonang. Gue nggak tau kenapa gue langsung ditaro disitu. Harusnya gue itu diposisi yang lebih gampangan dikit. Soalnya menurut gue, ditaro di Bonang itu lumayan susah. 

Percaya sama gue, bagi yang masih baru dalam main gamelan pasti bakalan pegel banget pas ditaro di posisi Bonang atau Saron penerus. Mainin saron demung sama peking aja udah pegel, gimana Bonang. Apalagi, dengan tangan gue yang kurus begini.

Sewaktu latihan untuk tampil di acara “Enchanting/Pesona Indonesia 2013” di Darwin, itu lumayan extreme bagi gue. Soalnya, kita harus terus terusan main lebih dari 30 jam. Sebagai pemain gamelan yang baru, pegel di lengan gue udah pegel tingkat dewa. Jadinya, ditengah tengah permainan, gue sempet ngelepas satu tangan terus stretching deh, sambil tangan yang satunya masih mainin Bonang. Pak pelatih yang mainin gendang, ngeliat gue stretching, padahal udah gue usahain supaya gak keliatan pak pelatih. Pas udah selesai, dia bilang ke gue “Masa entar pas tampil, malah stretching di depan orang orang banyak? Lucu dong entarnya.”

Sekarang, gue udah jadi pemain Bonang yang jago, jadi gak pernah pegel lagi wkwk. Btw, gue yang paling muda di tim Gamelan. Ada 2 orang yang udah SMA, dan sisanya ibu ibu semua. Bisa dibilang gue salah pergaulan. Kenapa kok gue bisa nyasar ke tim gamelan? Karena gue diajak sama temennya nyokap gue, dan nyokap agak maksa nyuruh ikutan.

gamelan

Ini gue lagi ngajarin orang orang bule main Gamelan.

Bonang

Kenalin, ini yang namanya Bonang.

saron peking

Ini namanya saron Peking.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s